oleh   :   Leonardus I.Sinaga

SMP Yos Sudarso Garut, mengadakan acara seminar pendidikan ,pada hari Sabtu, 12 Juni 2010 mulai dari pukul 08.00 sampai 11.00. dengan pembicara Pst.Ferry Sutrisna Wijaya,Pr. mengambil tempat di Aula Atas Gereja Santa Maria Garut, dengan Thema :   KUNCI SUKSES PENDIDIKAN.

Acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberi informasi tentang bagaiana pendidikan itu berlangsung pada Orangtua Siswa, Seluruh Orangtua siswa diharapkan dapat menghadiri acara tersebut, termasuk orangtua  siswa yang baru mendaftar di SMP Yos Sudarso Garut .

Menurut Pst. Ferry sebagai pembicara, Yang paling bertanggung jawab dalam pendidikan itu adalah Orangtua, adapun peran sekolah dan Negara adalah sebagai pendukung. Pendidikan yang diberikan Orangtua di Rumah lebih banyak dari pada di sekolah, termasuk tindak-tanduk Orangtua yang dilihat oleh anak di rumah setiap hari, anak mencontoh perilaku orangtua, cara menaggapi masalah, cara berbicara, cara memperlakukan anak, semua yang terjadi di rumah direkam dengan baik oleh anak, oleh sebab itulah orangtua harus memberi contoh yang baik katanya……

Pendidikan itu jangan diserahkan secara penuh kepada GURU di Sekolah, mestinya orangtua harus berperan aktif dalam perkembangan anaknya, sejauh mana anak yang berangkat pagi hari  ke sekolah dan pulang siang hari harus diketahui apa mereka peroleh dan mereka dapatkan di sekolah. Bagaimana perkembangan yang mereka dapat setelah sehari belajar bersama gurunya di sekolah.

Orangtua yang  jelas-jelas mencari info tentang anaknya pasti tau apa yang dibutuhkan dan apa yang telah dimiliki oleh anaknya. Dan diharapkan selalu berkoordinasi dengan pihak sekolah sehingga kemajuan anak dapat diketahui secara pasti , tidak hanya mendengar kata orang apalagi jika orang tersebut tidak berkompeten untuk info, bisa jadi salah…..

A N A K   BELAJAR DARI KEHIDUPANNYA

Jika anak dibesarkan dengan celaan, mereka belajar memaki

jika anak dibesarkan dengan rasa takut, mereka belajar merasa gelisah

jika anak dibesarkan dengan dorongan, mereka belajar untuk percaya diri

jika anak dibesarkan dengan toleransi, mereka belajar dengan sabar

jika anak dibesarkan dengan ujian , mereka belajar menghargai

jika anak dibesarkan dengan penerimaan, mereka belajar mencintai

jika anak dibesarkan dengan kelembutan dan perhatian, mereka belajar mengasihi

jika anak dibesarkan dengan suasana persahabatan dan kelembutan, mereka mengatakan  bahwa DUNIA  adalah TEMPAT YANG NYAMAN.